Sinergi Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Bengkayang Bersama PT Pos Area SINGBEBAS (Singkawang, Bengkayang dan Sambas) : Komitmen Tingkatkan Layanan Surat Tercatat
Bengkayang | www.pa-bengkayang.go.id
(Rabu, 22 Januari 2025) - Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Bengkayang kembali memperlihatkan kolaborasi yang erat dalam upaya memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Kali ini, sinergi tersebut diwujudkan melalui kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan surat tercatat bersama PT Pos Indonesia Cabang Singkawang. Kegiatan yang berlangsung di kantor Pengadilan Agama Bengkayang ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan kualitas pengiriman dokumen peradilan yang menjadi salah satu elemen penting dalam pelayanan hukum.
Ketua Pengadilan Negeri Bengkayang, dan Ketua Pengadilan Agama Bengkayang Sobari, secara langsung memimpin jalannya evaluasi. Kedua pimpinan lembaga peradilan ini sepakat bahwa keakuratan, kecepatan, dan keamanan pengiriman surat tercatat merupakan bagian tak terpisahkan dari pelayanan peradilan yang berkualitas. Surat-surat tercatat seperti panggilan sidang, pemberitahuan putusan, dan dokumen penting lainnya harus sampai tepat waktu dan dalam kondisi yang baik kepada para pihak yang terlibat.
Dalam kegiatan tersebut, Kepala PT Pos Area SINGBEBAS (Singkawang, Bengkayang dan Sambas), memberikan paparan mengenai proses pengiriman surat tercatat selama ini. Selain menyampaikan pencapaian, mereka juga terbuka terhadap berbagai masukan dan saran untuk meningkatkan layanan. Salah satu fokus diskusi adalah bagaimana memastikan dokumen-dokumen peradilan dapat lebih mudah dilacak secara digital melalui sistem pelacakan yang lebih canggih.
“Kami sangat berkomitmen untuk terus mendukung kebutuhan pengadilan, baik Pengadilan Negeri maupun Pengadilan Agama Bengkayang. Komitmen ini adalah bagian dari visi kami untuk memberikan layanan terbaik bagi semua pengguna, khususnya dalam mendukung kelancaran administrasi peradilan,” ungkap kepala PT Pos Singkawang.
Ia juga menambahkan bahwa PT Pos Singkawang siap untuk tetap, terus, dan selalu meningkatkan kualitas layanan mereka. Hal ini dilakukan melalui pengembangan teknologi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan penerapan standar operasional yang lebih ketat.
Forum monitoring dan evaluasi ini menjadi momen penting untuk membahas berbagai kendala yang mungkin terjadi di lapangan. Salah satu isu yang diangkat adalah perlunya peningkatan komunikasi antara pihak pengadilan dan PT Pos dalam menyelesaikan permasalahan teknis, seperti keterlambatan pengiriman akibat faktor eksternal. Dalam kesempatan ini, kedua pengadilan juga memberikan apresiasi atas upaya PT Pos Singkawang dalam menjaga kualitas layanan mereka selama ini.
Sobari, Ketua Pengadilan Agama Bengkayang, menegaskan bahwa kerja sama ini adalah wujud nyata dari sinergi antarlembaga untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik. “Kami berharap kolaborasi ini dapat terus berjalan dengan baik, dan PT Pos Singkawang dapat terus menjadi mitra strategis kami dalam mempercepat proses peradilan. Kami juga berharap masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari peningkatan layanan ini,” ujar Sobari.
Selain itu, Ketua Pengadilan Negeri Bengkayang juga menyoroti pentingnya inovasi dalam layanan pengiriman dokumen peradilan. Ia berharap PT Pos Singkawang dapat terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang semakin dinamis.
PT Pos Singkawang menegaskan bahwa kolaborasi dengan pengadilan bukan hanya sekadar kerja sama biasa, tetapi bagian dari komitmen jangka panjang untuk mendukung pelayanan hukum yang lebih baik. “Kami akan terus berinovasi, berkomunikasi secara aktif, dan memastikan bahwa semua proses pengiriman berjalan sesuai dengan harapan. Kami percaya bahwa sinergi ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan,” kata kepala PT Pos Singkawang.
Sebagai langkah konkret, PT Pos Singkawang berencana mengembangkan sistem pelacakan dokumen secara real-time yang dapat diakses dengan mudah oleh pihak pengadilan maupun masyarakat. Selain itu, mereka juga berkomitmen untuk mempercepat proses pengiriman di wilayah Bengkayang dan sekitarnya, termasuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang sebelumnya sulit dijangkau.
Sinergi antara Pengadilan Negeri Bengkayang, Pengadilan Pengadilan Agama, dan PT Pos Singkawang ini diharapkan dapat menjadi contoh kerja sama antarlembaga yang sukses dalam meningkatkan pelayanan publik. Dengan monitoring dan evaluasi yang berkelanjutan, berbagai kendala di lapangan dapat diatasi, dan masyarakat dapat merasakan manfaat nyata dari peningkatan kualitas layanan.
Kolaborasi ini sekaligus menjadi bukti nyata bahwa dengan komunikasi yang baik, komitmen yang kuat, dan semangat untuk terus berkembang, pelayanan publik di Indonesia dapat terus ditingkatkan demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Sumber: Tim Med PA Bky, Narrator Development: Dodi Somawijaya, Redaktur: Riki Dian Saputra dan Taken Foto/Editing: Ade Y. X Agus.